Memahami Satu Ayat dalam Qur’anul Karim

Ayat-ayat-Allah-dalam-Semesta

Ayat-ayat-Allah-dalam-SemestaArti Surat Az Zukhruf ayat 32 :

Apakah mereka yang membagi – bagi  rahmat Tuhanmu? Kami yang membagi antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia ini. Dan Kami telah meninggikansebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa tingkat agar sebagian mereka dapat mempergunakan ( mengambil manfaat/ pelajaran )dari sebagian yang lain, dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”

bedaan – perbedaan itu diadakan oleh Allah sebagai tanda bukti ke Maha Besaran – Nya, ke Maha Indahan –  Nya dan ke Maha Rahman dan Rahim – Nya. Allah turunkan Rahmat – Nya di bumi – Nya ini, salah satunya dalam bentuk keberbedaan dan keragaman ciptaan – Nya. Allah juga berhak untuk meninggikan / merendahkan derajat, pangkat, kedudukan, status social, atau bahkan posisi manusia itu sendiri baik di dunia maupun di akherat kelak.

Semua Rahmat dan Anugerah Allah itu tetaplah dalam Pengaturan Allah ‘Azza Wa Jalla. Keharmonisan penciptaan allah kepada makhluk – Nya ditunjukkan oleh – Nya dalam dimensi keberagaman yang bias jadi itu semua serupa, atau bahkan berbeda sama sekali. Itu semua adalah tanda – tanda Kebesaran Allah bagi orang – orang yang mau menggunakan akal sehat dan hati nurani yang jernih dalam mengungkap rahasia – rahasia dibalik keberagaman dimensi kehidupan dan penghidupan Allah pada setiap makhluk – makhluk – Nya.

Tanda – tanda Kebesaran allah telah terbentang luas bagi mereka yang ingin dan mau memanfaatkannya dengan penuh kesadaran. Kesadaran akan ke Maha Agungan Allah, ke Maha Indahan Allah hingga pada kesadaran akan Allah itu sendiri. Kesadaran akan Allah ini meliputi segala aspek kehidupan dan penghidupan – Nya pada makhluk – makhluk – Nya. Meliputi dimensi lahiriah dan bathiniah, material dan spiritual, dunia maupun akherat. Kesadaran bahwa memang Allah ciptakan kesemuanya itu supaya manusia dapat mengambil manfaat darinya dan dipergunakan dengan sebenar – benarnya menurut aturan – aturan dan ketentuan yang telah Allah perjalankan di bumi – Nya, sebagai Dinamika kehidupan dan penghidupan duniawi.

Dinamika penghidupan Allah kepada seluruh makhluk – Nya berjalan dengan harmonis atas kehendak – Nya, karena sesungguhnya tiada satupun hal di dunia ini yang luput dari Kepengaturan Allah ‘Azza Wa Jalla, Yang Maha Menciptakan.